INOVASI DALAM MENEMBUS PASAR BISNIS DIERA DIGITAL
MAKALAH
INOVASI DALAM MENEMBUS PASAR BISNIS DI ERA DIGITAL
Diajukan sebagai tugas mata kuliah Dasar-Dasar
Bisnis
Dosen : Bp. Eko Yulianto, ST,MM
Disusun Oleh :
Maysaroh
Nim : 220010217
Program Manajemen Bisnis
Fakultas Ekonomi
Universitas STIE MBI 2022
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya, sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tugas ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Dan juga saya mengucapkan terimakasih kepada Bp. Eko Yulianto, ST,MM selaku dosen mata kuliah.
Dan harapan saya semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya. Saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
PENDAHULUAN
Seperti kita tahu bahwa HootSuite merupakan situs layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media
daring yang terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial seperti Youtube,
Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Whatsapp, Fb Messenger, Wechat
(Weixin), QQ, Qzone, Tiktok (Douyin), Sina Weibo, Reddit, Douban, Linkedin,
Baidu Tieba, Skype, Snapchat, dan Viber.
Hootsuite (We are Social) secara berkala
menyajikan data serta tren yang dibutuhkan dalam memahami internet, media
sosial juga perilaku e-commerce di setiap tahunnya. Umumnya, Hootuite
menerbitkan data dan tren tentang internet dan media sosial pada bulan kedua
setiap tahunnya. Seperti pada tahun 2020 ini, Hootsuite mengeluarkan.
LATAR
BELAKANG
Di era digital ini perkembangan teknologi terjadi sebuah evolusi pada teknologi media, sebut saja new media atau orang juga sering menyebutnya media online atau orang lebih akrab lagi menyebutnya dengan istilah internet, media ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Media ini juga disebut-sebut sebagai media yang sampai saat ini belum ada yang menandingi pertumbuhan jumlah penggunanya. Di negara maju, new media mengalahkan berbagai media yang sebelumnya telah dijadikan sumber referensi dalam mendapatkan sebuah informasi. Istilah new media muncul pada akhir abad 20, istilah ini digunakan untuk menyebut media jenis baru yang menggabungkan antara media konvensional dengan media internet. Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini new media diramaikan oleh fenomena munculnya situs jejaring sosial, situs ini menyediakan tempat didunia maya untuk membangun suatu komunitas jejaring pertemanan yang dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi yang terjadi memunculkan istilah E-Commerce yaitu proses pembelian dan penjualan produk,jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan jaringan komputer dan jaringan yang digunakan adalah jaringan internet.
PENGERTIAN DAN DEFINISI
Pengertian : Bisnis digital adalah sebuah proses di mana pelaku usaha
mengaplikasikan teknologi ke dalam bisnisnya demi menciptakan inovasi dan
model bisnis yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggannya (user experience).
Definisi : Bisnis digital merupakan salah satu jenis
usaha yang mengutamakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ketika
sedang melakukan proses produksi, penjualan hingga memasarkannya kepada calon
pelanggan. Tentu pengertian ini tidak harus membuat Anda terpaku dalam
penggunaan media software saja.
Segala bentuk pemasaran dan penjualan secara online seperti menggunakan
Instagram dan Facebook juga termasuk ke dalam penerapan bisnis digital. Bagi
yang sering memakai Shopee, Lazada dan e commerce lainnya maka sudah dikatakan
ke daalm digital business meski tidak menjualnya.
Hal ini menunjukkan bahwa peluang dalam bisnis digital sangatlah besar
dan cukup menjanjikan terutama bagi Anda yang sudah paham teknologi. Nyatanya
kini telah banyak usaha yang memakai kecanggihan sistem tepat guna demi
memasarkan produk secara efektif demi keuntungan maksimal.
Tujuan
Inovasi Dalam Bisnis Digital
2. Inovasi membuat bisnis tetap relevan Dunia selalu
mengalami perubahan setiap saat. Begitu juga dengan bisnis. Agar bisnis yang
dimiliki tetap relevan, kemampuan beradaptasi mutlak diperlukan. Terlebih di
tengah disrupsi teknologi saat ini. Faktanya, hingga kini teknologi menjadi
salah satu faktor terbesar pendorong perubahan. Perkembangan teknologi pun
telah menciptakan era baru inovasi di seluruh model bisnis dan industri. Kondisi
tersebut membuat banyak bisnis-bisnis baru (startup) bermunculan dengan
berbagai inovasi yang mendobrak industri. Bukan tidak mungkin, startup tersebut
menjadi pesaing baru bagi perusahaan yang sudah lebih dulu eksis. Untuk itu,
inovasi amat diperlukan bagi semua perusahaan, baik perusahaan besar maupun
yang sedang merintis. Tujuannya, agar bisa bersaing dan tetap relevan dalam
menghadapi lingkungan yang terus berubah.
Manfaat Dan
Pengaruh Inovasi Dalam Bisnis Digital
Manfaat Menggunakan Teknologi Digital dalam Bisnis
Beralih ke metode pemasaran digital memang bukan hal yang
mudah, terlebih bagi para pemilik usaha kelas menengah ke bawah yang cenderung
tidak peka terhadap perubahan. Namun, sebenarnya, ada banyak sekali manfaat
yang bisa diperoleh jika memanfaatkan teknologi digital dalam
bisnis, berikut beberapa di antaranya:
1. Bisnis Dilakukan Secara Online
Memiliki bisnis atau usaha sendiri sudah menjadi impian
banyak orang. Pasalnya, Anda tidak lagi memiliki jam kerja yang ketat, bahkan
Anda adalah bos dari bisnis Anda sendiri. Namun, sudah pasti akan sangat
merepotkan apabila bisnis Anda dijalankan secara konvensional, karena
pergerakan Anda sebagai pemilik bisnis akan sangat terbatas dan harus
mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan rekrut karyawan.
Kini, dengan adanya internet, Anda akan lebih leluasa dalam
mengatur dan menjalankan bisnis. Sudah pasti metode pemasaran bisnis pun tidak
lagi sekadar informasi dari mulut ke mulut atau menggunakan brosur. Anda bisa
memperkenalkan sekaligus mempromosikan bisnis secara digital alias online.
Salah satu cara pengenalan dan promosi yang sangat sederhana yaitu
melalui platform media sosial, seperti misalnya Facebook atau
Instagram.
2. Menekan Biaya Modal dan Operasional
Manfaat bisnis yang telah go-online lainnya
adalah mampu menekan atau bahkan mengurangi biaya produksi dan
operasional yang dikeluarkan. Biaya produksi ini termasuk modal yang harus Anda
siapkan untuk membuka toko dan melakukan renovasi. Sementara biaya operasional
termasuk membayar gaji karyawan hingga pembelian listrik. Sekarang, Anda hanya
perlu berbekal ponsel atau laptop untuk menjalankan bisnis.
Data dari HubSpot menunjukkan cara pemasaran bisnis terbaik adalah
melalui sosial media dan email marketing. Teknik yang disebut
dengan copywriting menjadi strategi khusus untuk keberhasilan
penggunaan dua platform digital tersebut. Dampaknya? Survey
yang dilakukan oleh Gartner Digital Marketing menunjukkan, sebanyak 40%
pengusaha mengaku adanya penghematan yang signifikan dan 28% memutuskan untuk
mulai bergeser dari cara tradisional ke teknologi digital.
3. Lebih Cepat Terhubung dengan Konsumen
Anda pasti ingin bisnis tidak hanya sebatas pada konsumen
lokal, bukan? Jika memang memungkinkan, mendapatkan konsumen dari luar kota,
pulau atau bahkan internasional pasti menjadi satu kebanggaan. Namun, dengan
memasarkan produk secara tradisional, sudah tentu hal tersebut sangat sulit
diwujudkan.
Pemanfaatan digital marketing untuk bisnis
akan lebih memudahkan Anda menjangkau konsumen dari berbagai wilayah, bahkan
hingga ke luar negeri. Teknologi melalui internet menjadi penghubung masyarakat
di seluruh dunia yang paling baik, dan media sosial menjadi tempat yang paling
tepat untuk terkoneksi satu sama lain dan mendapatkan calon konsumen potensial.
4. Pengelompokan Target Pasar yang Jauh Lebih Mudah
Adanya internet sebagai dampak dari pesatnya perkembangan
teknologi tidak hanya memudahkan Anda dalam beriklan dan memasarkan produk,
tetapi juga menentukan dan mengelompokkan target pasar yang sesuai dengan
bisnis Anda. Pengelompokan ini bisa dilakukan berdasarkan ketertarikan atau
hobi, usia, jenis kelamin, hingga kemampuan atau daya beli.
Melalui strategi pemasaran digital yang tepat, Anda akan
jauh lebih mudah dalam menentukan target pasar ini. Cukup dengan
memilih media yang sesuai dengan segmentasi bisnis Anda atau mengatur semua
klasifikasi tersebut ketika hendak beriklan. Nantinya, hanya orang-orang yang
sesuai dengan target Andalah yang akan mendapatkan iklan yang Anda buat.
5. Memberikan Pemasukan Lebih Banyak
Masih berkaitan dengan konversi, angkanya yang tinggi akan
membantu meningkatkan penjualan. Artinya, pemasukan pun akan mengalami
peningkatan dan keuntungan pun sudah pasti di tangan. Namun, tingginya angka
konversi hanya bisa dicapai dengan teknik pemasaran digital yang tepat dan
efektif. Teknik yang salah justru akan menurunkan nilai konversi dan
menghabiskan modal.
Data dari Google menunjukkan, bisnis yang menerapkan
metode digital marketing memiliki harapan peningkatan pendapatan
hingga tiga kali lebih besar. Sementara bagi bisnis berskala kecil dan menengah
yang turut memanfaatkan teknik pemasaran digital ini memiliki kesempatan untuk
membesarkan usahanya hingga 4 kali lebih baik.
6. Memudahkan Proses Transaksi
Selain mudahnya mengelompokkan pasar sesuai dengan target
dan menjangkau konsumen, peran teknologi digital dalam dunia
usaha atau bisnis adalah kemudahan dalam bertransaksi. Metode pembayaran
langsung atau secara tunai akan sangat merepotkan apabila proses jual beli
terjadi di wilayah yang berbeda.
Kini, adanya metode pembayaran cashless atau
digital melalui internet banking, sms banking, atau mobile
banking, transaksi apa pun sudah pasti lebih mudah, karena bisa dilakukan
kapan saja dan di mana saja. Berbekal akses internet dan ponsel serta aplikasi
perbankan, semua pembayaran tak lagi terkendala.
7. Menganalisis Pasar Lebih Cepat
Bagaimana Anda melakukan riset untuk membuat suatu produk
atau jasa dan mengembangkannya menjadi bisnis yang memiliki nilai jual dan
keuntungan? Harus turun langsung ke lapangan sudah pasti sangat membuang waktu,
biaya, dan tenaga, bukan? Belum lagi jika harus mencari target yang sesuai.
Namun, sekarang, hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan.
Melalui internet, Anda bisa melakukan riset atau analisa pasar lebih
cepat. Pasalnya, Anda langsung berhadapan dengan konsumen, sehingga Anda bisa
mendapatkan informasi tentang produk yang dibutuhkan langsung dari konsumen
yang sesuai. Anda pun bisa melakukan riset mengenai kompetitor dan menghasilkan
inovasi baru melalui internet.
8. Membantu Membangun Reputasi Bisnis
Sebagai pebisnis, membangun reputasi brand menjadi
salah satu hal yang sangat penting untuk mempertahankan eksistensi bisnis dan
tetap mampu bersaing di era global dengan para kompetitor. Adanya internet yang
dibantu dengan teknik pemasaran digital akan lebih memudahkan Anda untuk
membangun reputasi bisnis melalui awareness ketika Anda
beriklan di media sosial.
Namun, agar reputasi tetap baik, jadilah pemilik bisnis yang
konsisten dan jujur. Artinya, berikan pelanggan produk yang sesuai dengan apa
yang Anda janjikan saat beriklan. Dampaknya, Anda akan mendapatkan banyak
pelanggan yang loyal untuk terus menggunakan produk tersebut, meski banyak
sekali produk serupa dari para kompetitor.
9. Membangun Kepercayaan Pelanggan
Anda perlu tahu bahwa kesuksesan metode digital
marketing yang Anda gunakan sangat berpengaruh pada media sosial dan
testimoni atau penilaian dari konsumen yang telah melakukan pembelian produk
atau menggunakan jasa pada bisnis Anda. Sudah tentu, penilaian menjadi nilai
penting bagi bisnis untuk meningkatkan angka penjualan.
Pasalnya, survei yang dilakukan oleh Nielsen Global Online
Consumer Survey mengemukakan bahwa sebanyak 90% konsumen menyebutkan bahwa
mereka percaya akan informasi dari sebuah produk, layanan, atau brand melalui
kolega, teman, atau keluarga yang telah memberikan penilaian atau rekomendasi.
Jadi, tidak hanya kualitas produk, Anda pun harus bisa meningkatkan kepuasan
dan kepercayaan pelanggan dengan interaksi yang intens.
10. Melakukan Beragam Cara Promosi
Memasang iklan menggunakan baliho, spanduk, atau brosur dan
beriklan melalui telepon menjadi cara promosi bisnis yang sudah terbilang kuno
dan ketinggalan zaman, terlebih di era canggih seperti saat ini. Bahkan, Anda
bisa mengeluarkan biaya lebih banyak dengan beriklan secara tradisional
tersebut, tetapi pendapatan yang Anda hasilkan pun belum tentu lebih tinggi dibandingkan
dengan angka pengeluaran.
Jika memanfaatkan teknologi digital melalui
metode digital marketing, Anda memiliki banyak sekali variasi dalam
beriklan dengan biaya yang sangat terjangkau. Selain beriklan melalui media
sosial dalam bentuk posting, Anda bisa menggunakan gambar, video,
hingga memanfaatkan content marketing yang berbasis SEO pada
blog atau website. Tidak mampu membuat website sendiri
karena terbatasnya ilmu dan keahlian? Tidak perlu khawatir, kini sudah banyak
jasa yang menyediakan website development hingga software
development.
Selain itu, bisnis yang menggunakan metode pemasaran digital
akan lebih siap untuk bersaing dengan bisnis skala besar dan menyambut
datangnya era Internet
of Things, era ketika semua hal akan saling terintegrasi
dengan digital atau internet. Kini, Anda pasti sudah menemukan bahwa tidak
hanya telepon dan perangkat elektronik, tetapi juga jam tangan yang turut terkoneksi
dengan internet.
Pengaruhinovasi dalam bisnis Digitl terhadap sektor
bisnis dan industri bisa memicu terjadinya dampak yang cukup signifikan, yaitu:
1. Akses yang Lebih Cepat bagi Pelanggan
Sekarang, pelanggan bisa menikmati banyak layanan cukup dengan
satu aplikasi. Bahkan, akses masih bisa dilakukan meski koneksi internet
terbilang tak terlalu baik. Misalnya saja jasa transportasi online yang
berhasil mentransformasikan transportasi ojek konvensional. Bahkan, pelanggan
tidak perlu lagi berjalan kaki untuk mendapatkan kendaraan, karena pengemudi
akan menjemput dan mengantarkan sesuai dengan lokasi yang ditentukan.
Tidak hanya kemudahan transportasi melalui kendaraan roda
dua atau empat, melalui aplikasi yang sama, pelanggan pun bisa mengirimkan
barang dalam satu hari dan memesan berbagai jenis makanan.
2. Inovasi Baru dalam Melakukan Inteligensi Bisnis
Kini, dengan adanya teknologi digital, pemilik
usaha akan lebih mudah mendapatkan segala informasi terkait calon pelanggan
yang bahkan belum pernah didapat sebelumnya. Riset informasi yang mendalam
dalam dunia digital dapat dimanfaatkan untuk memprediksi perilaku konsumen,
mencari target pasar baru yang sesuai, bahkan dijadikan dasar untuk pengambilan
solusi dan kebijakan.
Salah satu contohnya adalah Perusahaan Alipay asal Cina yang
bergerak di bidang pembiayaan. Perusahaan ini memanfaatkan data dari transaksi
yang dilakukan oleh setiap pelanggan melalui e-commerce sebagai
salah satu acuan untuk mengambil keputusan, apakah seseorang bisa mendapatkan
pinjaman tanpa pernah melihat jenis aset yang dimiliki. Selain itu, kini
perusahaan pun bisa melakukan pembelian data melalui sumber lain seperti media
sosial.
3. Infrastruktur Berbasis Digital
Melalui teknologi, pemilik bisnis bisa lebih menghemat biaya
operasional dan produksi. Pasalnya, kini Anda tidak perlu lagi mempersiapkan
infrastruktur bisnis dalam bentuk fisik. Misalnya, bisnis Anda bergerak dalam
bidang retail yang harus mengeluarkan biaya produksi yang terbilang besar
ketika hendak membuka satu cabang usaha.
Sekarang, dengan memanfaatkan teknologi, Anda hanya perlu
membuka toko secara online. Selain menghemat biaya produksi dan
operasional, Anda pun bisa mematok harga barang dengan lebih terjangkau
dibandingkan ketika harus menjualnya secara offline. Ini, tentu
saja, tidak hanya memberikan manfaat bagi Anda sebagai pemilik usaha, tetapi
juga pelanggan yang menggunakan produk Anda.
Sebagai pengusaha, Anda sudah seharusnya memahami peran
penting teknologi digital dalam bisnis agar bisa meraup
keuntungan yang menjanjikan tanpa pernah melakukan pengeluaran dalam jumlah
besar. Namun, dalam pelaksanaannya, Anda sudah pasti membutuhkan jasa untuk
memudahkan bisnis Anda dikelola secara daring. Tidak perlu khawatir, percayakan
saja pada SoftwareSeni.
Melalui tenaga IT consultant yang
profesional, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan
membuat website atau aplikasi guna mendukung kelancaran
bisnis. Memili standar internasional, SoftwareSeni menjamin keamanan data dan
privasi dari bisnis Anda. Bahkan, Anda bisa menikmati layanan service
on demand guna memastikan bahwa produk digital, baik website maupun
aplikasi bisnis Anda telah bekerja dengan optimal.
Dampak
baik dan buruknya dalam inovasi dalam bisnis digital bagi kemajuan sebuah
negara
Kenali Dampak Teknologi Digital dalam Bisnis
Survei yang dilakukan oleh Nielsen dan KCPB menunjukkan
bahwa sebesar 87% masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan suatu produk atau
jasa yang bersumber dari share community atau penilaian dari
pelanggan lainnya. Semakin lama, tren tersebut semakin menguat di sentra
bisnis, bisa Anda lihat contohnya dari penyedia jasa penginapan secara online.
Dahulu, orang-orang menginap di hotel yang nyaman dan lebih
terjaga privasinya. Namun, kini mereka beralih ke penginapan dengan harga yang
lebih terjangkau dan ditawarkan langsung oleh pemilik. Bahkan, mereka pun
mencoba untuk saling berbagi fasilitas yang ada di penginapan tersebut guna
mendapatkan pengalaman lokal baru yang terbilang unik. Ditambah lagi, kini
telah muncul jasa transportasi berbasis digital yang memudahkan mobilitas
masyarakat.
Ini artinya, bisnis yang masih bertahan dengan metode
tradisional dan konvensional harus melakukan perubahan strategi yang mengarah
pada teknologi digital guna bisa bertahan dan mampu bersaing dengan
bisnis lain yang serupa. Pergeseran dan pemanfaatan teknologi terhadap
sektor bisnis dan industri bisa memicu terjadinya dampak yang cukup signifikan,
yaitu:
1. Akses yang Lebih Cepat bagi Pelanggan
Sekarang, pelanggan bisa menikmati banyak layanan cukup
dengan satu aplikasi. Bahkan, akses masih bisa dilakukan meski koneksi internet
terbilang tak terlalu baik. Misalnya saja jasa transportasi online yang
berhasil mentransformasikan transportasi ojek konvensional. Bahkan, pelanggan
tidak perlu lagi berjalan kaki untuk mendapatkan kendaraan, karena pengemudi
akan menjemput dan mengantarkan sesuai dengan lokasi yang ditentukan.
Tidak hanya kemudahan transportasi melalui kendaraan roda
dua atau empat, melalui aplikasi yang sama, pelanggan pun bisa mengirimkan
barang dalam satu hari dan memesan berbagai jenis makanan.
2. Inovasi Baru dalam Melakukan Inteligensi Bisnis
Kini, dengan adanya teknologi digital, pemilik
usaha akan lebih mudah mendapatkan segala informasi terkait calon pelanggan
yang bahkan belum pernah didapat sebelumnya. Riset informasi yang mendalam
dalam dunia digital dapat dimanfaatkan untuk memprediksi perilaku konsumen,
mencari target pasar baru yang sesuai, bahkan dijadikan dasar untuk pengambilan
solusi dan kebijakan.
Salah satu contohnya adalah Perusahaan Alipay asal Cina yang
bergerak di bidang pembiayaan. Perusahaan ini memanfaatkan data dari transaksi
yang dilakukan oleh setiap pelanggan melalui e-commerce sebagai
salah satu acuan untuk mengambil keputusan, apakah seseorang bisa mendapatkan
pinjaman tanpa pernah melihat jenis aset yang dimiliki. Selain itu, kini
perusahaan pun bisa melakukan pembelian data melalui sumber lain seperti media
sosial.
3. Infrastruktur Berbasis Digital
Melalui teknologi, pemilik bisnis bisa lebih menghemat biaya
operasional dan produksi. Pasalnya, kini Anda tidak perlu lagi mempersiapkan
infrastruktur bisnis dalam bentuk fisik. Misalnya, bisnis Anda bergerak dalam
bidang retail yang harus mengeluarkan biaya produksi yang terbilang besar
ketika hendak membuka satu cabang usaha.
Sekarang, dengan memanfaatkan teknologi, Anda hanya perlu
membuka toko secara online. Selain menghemat biaya produksi dan
operasional, Anda pun bisa mematok harga barang dengan lebih terjangkau
dibandingkan ketika harus menjualnya secara offline. Ini, tentu
saja, tidak hanya memberikan manfaat bagi Anda sebagai pemilik usaha, tetapi
juga pelanggan yang menggunakan produk Anda.
Sebagai pengusaha, Anda sudah seharusnya memahami peran
penting teknologi digital dalam bisnis agar bisa meraup keuntungan
yang menjanjikan tanpa pernah melakukan pengeluaran dalam jumlah besar. Namun,
dalam pelaksanaannya, Anda sudah pasti membutuhkan jasa untuk memudahkan bisnis
Anda dikelola secara daring. Tidak perlu khawatir, percayakan saja pada
SoftwareSeni.
Melalui tenaga IT consultant yang
profesional, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan
membuat website atau aplikasi guna mendukung kelancaran
bisnis. Memili standar internasional, SoftwareSeni menjamin keamanan data dan
privasi dari bisnis Anda. Bahkan, Anda bisa menikmati layanan service
on demand guna memastikan bahwa produk digital, baik website maupun
aplikasi bisnis Anda telah bekerja dengan optimal.
Dampak
baik dan buruknya inovasi dalam bisnis digitalbagi kemajuan sebuah negara
Dampak
baik
Perkembangan teknologi di Indonesia bisa dibilang sudah
maju, kita bisa lihat dari banyaknya pengguna handphone dan internet dalam
kehidupan sehari-harinya, contohnya seperti membeli makan atau keperluan rumah
tangga yang sekarang hanya menggunakan aplikasi saja tidak perlu kita ke tempat
makan tersebut atau ke supermarket untuk membelinya.Dampak apa saja yang
berpengaruh terhadap perkembangan era digital ini?
Memasuki era digital di Indonesia sudah banyak sekali
perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi dalam bisnisnya, seperti
contoh aplikasi Go-Jek dan Bukalapak merupakan perusahaan asal Indonesia yang
sudah berkembang pesat, mereka menawarkan aplikasi yang dapat digunakan untuk
mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, Go-Jek dan
Bukalapak sendiri selain mempermudah kebutuhan sehari-hari masyarakat mereka
juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.
Perkembangan digital di Indonesia sendiri juga mempermudah
dalam hal apapun. Salah satunya seperti kalangan UMKM mereka bisa melakukan
promosi agar dapat dijangkau luas oleh konsumen di Indonesia bahkan luar Indonesia
dengan menggunakan internet dan juga bisa mencari peluang-peluang bisnis
lainnya.
Era digital juga memberi dampak positif bagi sumber daya
manusia (SDM) dalam menggunakan teknologi,informasi dan komunikasi, karena
adanya platform seperti WhatsApp dan Instagram yang dapat membantu kita dalam
bersosialisasi, berkomunikasi dan sebagai media informasi, bahkan di era
digital ini dalam berkomunikasi dengan mudah meskipun beda negara, manfaat lain
dari perkembangan era digital ini bagi semua lapisan masyarakat yaitu dapat
mudah mengakses untuk mendapatkan informasi penting dan pengetahuan umum yang
sebelumnya tidak diketahui.
Dalam industri kreatif perkembangan digital ini sangat
membantu, contohnya dalam menulis sebuah artikel sekarang banyak platform platform
yang mendukung untuk menulis sebuah artikel dan mempublikasikan dengan mudah,
tidak hanya mempermudah dalam menuliskan artikel sekarang banyak platform yang
mendukung bagi band atau musisi dalam merilis album atau juga singel mereka dan
juga mempermudah dalam mengekspos budaya Indonesia agar dapat terjaga
dan terus terpelihara sampai generasi berikutnya
Masih banyak dampak positif yang dari perkembangan era digital ini, selain yang disebutkan sebelumnya, masih ada yang merasakan dampak positif dari perkembangan ini seperti pendidikan. Tapi perkembangan era digital ini tetap harus dimanfaatkan dengan baik dan untuk hal positif, karena sangatlah rentan di salahgunakan dalam berkembangnya teknologi di Indonesia ini, seperti penyebaran berita yang tidak benar (Hoax) dan lainnya.
Maka dari itu perkembangan era digital ini harus dibarengi dengan edukasi sejak dini agar masyarakat dapat menggunakan teknologi dengan benar dan juga bijak karena jika tidak akan banyak dampak negatif yang bermunculan, juga akan berdampak buruk bagi generasi-generasi selanjutnya.
Dalam perkembangan digitalisasi ini juga salah satu perusahaan teknologi yang dimiliki Indonesia yaitu Telkom juga terus bergerak untuk mengembangkan jaringan yang berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Marauke agar masyarakat di seluruh Indonesia dapat merasakan perkembangan teknologi ini dan juga mempermudah dalam berkomunikasi jarak dekat maupumaupun jarak jauh agar seluruh Indonesia saling terhubung maupun mendapatkan informasi. Dikutip dari laman website www.telkomsel.com "Pada tahun 2018 sendiri bisnis digital Telkomsel tumbuh 24.8%".
sangat menarik perkembangan era digital di Indonesia agar
dapat memberikan dampak positif bagi semua lapisan dan semoga pengembangan
jaringan di Indonesia dapat terus berkembang juga dapat memberikan manfaat bagi
masyarakat luas, agar semua masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke
semua dapat merasakan perkembangan era digital ini dengan membangun atau
mengembangkan jaringan yang berkualitas di Indonesia.
Kini akan dibahas 5 Dampak Negatif yang terjadi pada
masyarakat di era digital.
1. Adanya pelanggaran hak cipta atau Hak Kekayaan
Intelektual (HKI)
Salah satu dampak dari perkembangan teknologi digital adalah
adanya pelanggaran hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dilakukan
oleh oknum tertentu. Banyak sekali karya-karya cipta yang sudah ada di dalam
internet, diperjualbelikan tanpa meminta izin ke pencipta karya tersebut.
Misalnya pembajakan musik, pembajakan film, pembajakan buku cetak, juga
merupakan contoh pelanggaran hak cipta. Hal tersebut juga merugikan para
pencipta karya.
2. Rendahnya ketersediaan lapangan pekerjaan karena sumber
daya manusia (SDM) telah digantikan oleh teknologi digital
Dampak kedua di era digital adalah ketersediaan lapangan
pekerjaan non digital yang rendah, hal ini karena kemajuan teknologi digital
semakin canggih. Beberapa perusahaan/organisasi memanfaatkan teknologi digital
yang memudahkan pekerjaan tersebut secara efisien. Misalnya pekerjaan di pabrik
atau industri kendaraan bermotor yang mempekerjakan karyawan dengan merakit.
Kini telah diganti oleh robot yang pintar dengan teknologi digital yang canggih
dan terorganisir. Kemudian contoh lain ialah tenaga kerja pos yang biasa menyortir
surat, kini digantikan oleh mesin sortir otomatis yang bisa membaca dan
mengurutkan surat lebih cepat.
3. Munculnya informasi digital yang tidak sesuai dengan
fakta (hoax)
Munculnya informasi digital yang tidak sesuai dengan fakta
atau kebenaran yang dikenal dengan istilah hoax merupakan dampak negatif
di era digital, hal tersebut terjadi karena rendahnya literasi informasi
digital masyarakat. Penyebaran hoax dilakukan oleh oknum yang tidak
bertanggung jawab, dengan memutarbalikkan fakta tertentu hingga membuat
kegaduhan publik. Maka dari itu, untuk menghindari hoax, masyarakat
harus dibiasakan untuk memilah informasi tersebut dari berbagai sumber digital
yang jelas dan terpercaya.
4. Adanya budaya malas gerak (mager) karena pengaruh
penggunaan teknologi digital
Salah satu dampak negatif yang dirasakan adalah adanya
budaya malas gerak (mager) yang terjadi karena pengaruh penggunaan
teknologi digital. Di era digital yang semakin canggih, masyarakat tidak pernah
lepas dari alat teknologi digital seperti gadget. Berbagai platform
digital yang sudah tersedia di dalam sebuah gadget, membuat
penggunaannya merasa kecanduaan tanpa memperhatikan waktu dan kesehatan. Oleh
karena itu perlu komitmen dari pengguna teknologi digital untuk membagi waktu
dalam menggunakan teknologi digital dan melakukan aktivitas yang bergerak.
5. Adanya penipuan digital yang mengatasnamakan orang lain
Penipuan digital terjadi karena adanya penyalahgunaan data
pribadi yang dilakukan oleh oknum dengan kecanggihan teknologi digital.
Biasanya korban tersebut disebut dengan istilah korban cybercrime. Modus
penipuan digital beragam, ada yang mengatasnamakan dengan survei untuk
mendapatkan data pribadi, penjualan produk dari harga diskon yang besar website
e-commerce yang tidak resmi, dan sebagainya. Agar tidak terjadinya
korban penipuan digital, jangan pernah sembarangan untuk memberikan data
pribadi ke orang lain.
Terhambatnya inovasi dalam bisnis digital pada sebuah
negara
Menurut Prof.Simon Kuznet, Pertumbuhan ekonomi merupakan kenaikan
kapasitas jangka panjang dari suatu negara untuk menyediakan berbagai barang
ekonomi kepada penduduknya. Pada dasarnya pertumbuhan ekonomi adalah proses
dimana perubahan kondisi ekonomi suatu negara mengarah ke keadaan yang lebih
baik selama periode waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi juga dapat disebut
sebagai proses peningkatan kapasitas produksi dalam suatu perekonomian yang
meningkatkan pendapatan nasional.
Lalu apa saja yang menjadi penyebab terhambatnya pertumbuhan
ekonomi di Indonesia?
1) Laju Inflasi
Dampak inflasi di suatu negara dapat menimbulkan keresahan
masyarakat, apalagi jika terjadi secara berkala. Kenaikan harga yang disebabkan
oleh inflasi dapat menimbulkan kesulitan bagi masyarakat, terutama yang
berpenghasilan rendah. Dampak inflasi di Indonesia antara lain yaitu:
Distribusi pendapatan memburuk
Turunnya kesejahteraan masyarakat
Mendorong investasi spekulatif
Distribusi barang tidak seimbang
2) Korupsi
Indonesia termasuk negara dengan tingkat korupsi tertinggi,
yang menunjukan bahwa kurangnya tata kelola pemerintahan yang baik. Korupsi
sangat berdampak pada perekonomian negara, seperti pembangunan pada
sektor-sektor publik yang berjalan kurang maksimal. Dana APBN ataupun APBD yang
diberikan oleh pemerintah yang seharusnya untuk kepentingan rakyat seperti
fasilitas publik namun disalahgunakan dengan adanya tindak perilaku korupsi
yang dilakukan oleh oknum pejabat, sehingga dana tersebut tidak tertuju dengan
semestinya.
3) Tingkat Suku Bunga
Suku bunga yang tinggi di Indonesia tentunya sangat
mempengaruhi investor asing karena mereka lebih tertarik dan mengharapkan hasil
yang lebih dari modal yang mereka tanamkan jika suku bunganya tinggi. Dampak
lainnya akan mempengaruhi pendapatan negara, jika tingkat suku bunga semakin
tinggi maka semakin rendah pendapatan negara. Begitupun sebaliknya, semakin
rendah tingkat suku bunga maka semakin tinggi pendapatan negara.
4) Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak
Kenaikan harga bahan bakar minyak akan menyebabkan
terjadinya kenaikan harga barang dan jasa, sebab komponen biaya yang mengalami
kenaikan. Hal ini juga berdampak pada tingkat kemiskininan di Indonesia, karena
jika kebijakan ini diberlakukan maka banyak masyarakat yang di PHK dan semakin
banyak pengangguran di Indonesia.
5) Keadaan Politik
Dengan suasana perpolitikan yang kerap kali menimbulkan
ketidakstabilan, turut menambah permasalahan pada pertumbuhan ekonomi.
Contohnya seperti dampak kebijakan moneter, harga-harga kebutuhan pokok menjadi
tidak stabil, kadang mengalami penurunan dan beberapa bulan kemudian mengalami
kenaikan.
6) Minimnya Infastruktur Yang Dibutuhkan
Infastruktur di Indonesia masi belum merata, seperti kawasan
pulau Jawa yang lebih maju infastrukturnya daripada daerah Indonesia bagian
Timur yang masi belum memadai, padahal di sana kaya akan sumber daya alam dan
bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Inovasi Dalam Bisnis Digital Menjadi Indikator Atau Petunjuk
kemajuan Ekonomi Bisnis Sebuah Negara
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan
produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada
aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara
besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.
Teknologi saat sekarang ini sangat berpengaruh sekali
terhadap usaha pembangunan ekonomi di indonesia .zaman digital sekarang ini
sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dengan
bantuan teknologi sekarang ini.Karena pada hakikatnya teknologi membuat
pekerjaan menjadi mudah,efesien,dan efektif sekali.Sehingga memudahkan dalam
melakukan kegiatan khususnya terhadap pembangunan ekonomi di indonesia.Sehingga
sangat bermanfaat sekali dampaknya dengan bantuan teknologi ini di indonesia
.Jadi dengan bantuan teknologi ini mempermudah dan mendapatkan hasil produksi
yang meningkat ,akhirnya akan berpengaruh juga terhadap pembangunan ekonomi di
indonesia dengan baik. Kata kunci: Teknologi,pembangunan ekonomi.
Upaya Pemerintah Meningkatkan Daya Inovasi Dalam Bisnis Digital
Saat ini
Pemerintah telah menetapkan 10 langkah prioritas nasional
dalam upaya mengimplementasikan peta jalan Making Indonesia 4.0. Dari strategi
tersebut, diyakini dapat mempercepat pengembangan industri manufaktur nasional
agar lebih berdaya saing global di tengah era digital saat ini.
“Revolusi industri keempat tidak bisa kita hindari. Untuk
menghadapinya, kita sudah ada roadmap yang terintegrasi
sehingga dalam mengembangkan industri manufaktur kita ke depan punya arah yang
jelas,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika memberikan kuliah
umum yang diselenggarakan Para Syndicate di Jakarta, Kamis (26/4).
Kesepuluh inisiatif tersebut, pertama adalah perbaikan
alur aliran barang dan material. Upaya ini akan memperkuat produksi lokal
pada sektor hulu dan menengah melalui peningkatan kapasitas dan percepatan
adopsi teknologi. “Kami menyusun strategi sumber material secara nasional, yang
diharapkan dapat mengurangi impor bahan baku maupun komponen dan memacu sumber
daya alam kita agar bernilai tambah tinggi,” jelas Airlangga.
Langkah kedua, mendesain ulang zona industri. Dari beberapa
zona industri yang telah dibangun di penjuru negeri, Indonesia akan mengoptimalkan
kebijakan zona-zona industri tersebut dengan menyelaraskan peta jalan
sektor-sektor industri yang menjadi fokus dalam Making Indonesia 4.0. “Jadi,
kami lihat secara geografis, kemudian dari aspek transportasi, infrastruktur,
dan lainnya sehingga komprehensif antar lintas sektor,” imbuhnya.
Ketiga, mengakomodasi standar-standar
keberlanjutan. Indonesia melihat tantangan keberlanjutan sebagai peluang
untuk membangun kemampuan industri nasional, seperti yang berbasis teknologi
bersih, tenaga listrik, biokimia, dan energi terbarukan. “Oleh karenanya,
Indonesia akan berusaha memenuhi persyaratan keberlanjutan itu di masa
mendatang, dengan mengidentifikasi aplikasi teknologi dan peluang pertumbuhan
ramah lingkungan, serta mempromosikan lingkungan yang kondusif,” papar
Menperin.
Keempat, memberdayakan usaha mikro, kecil, dan
menengah (UMKM). Hampir 70 persen, pelaku usaha Indonesia berada di sektor
UMKM. “Pemerintah berkomitmen untuk mendukung pelaku usaha UMKM dengan
membangun platform e-commerce, yang juga bisa dimanfaatkan petani
dan pengrajin. Kami juga akan membangun sentra-sentra teknologi dalam rangka
meningkatkan akses UMKM terhadap akuisisi teknologi dan memberikan dukungan
mentoring untuk mendorong inovasi,” tuturnya.
Upaya kelima, yaitu membangun infrastruktur digital
nasional. Indonesia akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur
digital, termasuk internet dengan kecepatan tinggi dan meningkatkan kemampuan
digital melalui kerja sama antara pemerintah dengan publik dan swasta untuk
dapat berinvestasi di teknologi digital seperti cloud, data
center, security management dan infrastruktur broadband,”
sebut Menperin.
Keenam, menarik minat investasi asing. Hal ini
dapat mendorong transfer teknologi ke perusahaan lokal. “Untuk meningkatkan
investasi, Indonesia akan secara aktif melibatkan perusahaan manufaktur global,
memilih 100 perusahaan manufaktur teratas dunia sebagai kandidat utama dan
menawarkan insentif yang menarik, dan berdialog dengan pemerintah asing untuk
kolaborasi tingkat nasional,” paparnya.
Ketujuh, peningkatan kualitas sumber daya manusia
(SDM). Menurut Menperin, SDM adalah hal yang penting untuk mencapai
kesuksesan pelaksanaan Making Indonesia 4.0. “Indonesia berencana untuk
merombak kurikulum pendidikan dengan lebih menekankan pada Science,
Technology, Engineering, the Arts, dan Mathematics (STEAM),
serta meningkatkan kualitas sekolah kejuruan,” ujarnya.
Kedelapan, pembangunan ekosistem
inovasi. Pemerintah akan mengembangkan cetak biru pusat inovasi nasional,
mempersiapkan percontohan pusat inovasi dan mengoptimalkan regulasi terkait,
termasuk di antaranya yaitu perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan
insentif fiskal untuk mempercepat kolaborasi lintas sektor diantara pelaku
usaha swasta atau BUMN dengan universitas.
Kesembilan, insentif untuk investasi
teknologi. Pemerintah akan mendesain ulang rencana insentif adopsi
teknologi, seperti subsidi, potongan pajak perusahaan, dan pengecualian bea
pajak impor bagi perusahaan yang berkomitmen untuk menerapkan teknologi
industri 4.0. Selain itu, Indonesia akan meluncurkan dana investasi negara
untuk dukungan pendanaan tambahan bagi kegiatan investasi dan inovasi di bidang
teknologi canggih.
Dan, langkah kesepuluh adalah harmonisasi aturan dan
kebijakan. Indonesia berkomitmen melakukan harmonisasi aturan dan
kebijakan untuk mendukung daya saing industri dan memastikan koordinasi pembuat
kebijakan yang erat antara kementerian dan lembaga terkait dengan pemerintah
daerah.
Contoh Sebagai Bahasan Studi kasus Era Discruption Dalam Bisnis
Digital
Apabila dikaitkan dengan bisnis dan teknologi digital di era
sekarang ini, maka:
Arti dari Disrupsi Digital dan Teknologi adalah
suatu efek yang mengubah hal-hal mendasar (Fundamental) mengenai pandangan
serta perilaku masyarakat terhadap pasar, industri, budaya, dan berbagai proses
di dalamnya yang disebabkan oleh inovasi dan perkembangan teknologi digital
yang semakin maju.
Di dalam bukunya, Christensen juga memperkenalkan
istilah Disruptive Innovation, yaitu suatu perkembangan
baru karena adanya inovasi yang mengubah bagaimana cara, struktur, serta fungsi
bisnis dan industri.
Dampak dari inovasi tersebut adalah seperti terciptanya
pasar baru, mengganggu eksistensi pasar yang sudah ada, dan pada akhirnya
menggantikan berbagai hal terdahulu dengan sistem yang lebih sempurna.
Di Indonesia, disrupsi digital teknologi yang mengakibatkan
revolusi industri memanglah nyata dan telah hadir di berbagai macam sektor,
berikut 5 contoh disrupsi digital teknologi dari revolusi industri yang terjadi
di Indonesia:
1. Disrupsi Teknologi Digital di Bidang Kesehatan
Dahulu, masyarakat perlu mendaftar secara manual dan
mengantri cukup lama di klinik untuk berkonsultasi dengan dokter.
Akan tetapi berkat hadirnya teknologi, sekarang orang dapat
dengan mudah membuat janji dengan dokter. Sudah banyak aplikasi konsultasi
virtual bersama dokter yang dapat digunakan untuk langsung membuat janji temu
dalam satu kali klik.
Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi secara online dan
mendapatkan resep obat dengan mudah sesuai anjuran, lalu resep tersebut bisa
juga ditebus tanpa perlu datang ke apotek.
2. Disrupsi Teknologi Digital di Bidang Keuangan
(Finance)
Dalam artikel Kami mengenai disrupsi inovasi dari fintech,
telah dijelaskan bagaimana sepak terjang teknologi dalam mempengaruhi industri
keuangan. Profesi seperti teller bank disebut-sebut akan hilang di masa depan
karena bisa digantikan oleh teknologi.
Sekarang Anda bisa membuka akun rekening baru di mana saja
tanpa melihat alamat domisili. Proses verifikasi dilakukan melalui video
call dan rekening yang didapatkan pun tidak jauh berbeda dengan
rekening biasa.
Fitur setor dan tarik tunai bisa dilakukan seperti biasa
melalui mesin ATM atau di Authorized Merchant yang ditunjuk
oleh bank. Selain itu, pengajuan kredit juga sudah bisa dilakukan secara
online, sehingga jangkauan penyaluran kredit ke masyarakat akan jauh lebih
luas.
3. Disrupsi Teknologi Digital pada Customer Service
(Layanan Pelanggan)
Sebelum hadirnya chatbot, proses layanan
pelanggan bisa dibilang cukup merepotkan. Anda perlu menghubungi kode nomor
operator, kemudian melakukan penerusan panggilan ke tim terkait. Proses ini
selain rumit, juga cukup memakan waktu dan biaya.
Sejak munculnya teknologi chatbot, baik
pelanggan maupun perusahaan bisa saling berkomunikasi dengan lebih efektif.
Beberapa pertanyaan bisa dijawab secara otomatis oleh bot, dan
tim Customer Service hanya perlu menangani pertanyaan yang
memang tidak bisa diselesaikan dengan mudah.
Pelanggan juga bisa bertanya 24 jam, sebab bot tidak
perlu beristirahat dan tetap bisa menjawab dengan kecepatan dan ketepatan yang
sama.
4. Disrupsi Teknologi Digital di Bidang Pendidikan
Di masa lampau, pendidikan (terutama profesi) tentu tidak
bisa diakses oleh semua orang dengan mudah. Anda perlu mendaftar ke lembaga
pendidikan yang terpercaya, lalu mengikuti serangkaian kursus yang panjang.
Namun, belum tentu semua pembelajaran itu bisa Anda terapkan langsung di
lapangan.
Dengan bantuan teknologi, masalah tersebut bisa teratasi.
Sekarang sudah tersedia berbagai aplikasi pelatihan online, yang
bahkan digunakan juga oleh pemerintah Indonesia dalam pemerataan pendidikan.
Anda bisa mendapatkan dan mengikuti pelatihan yang dibutuhkan kapanpun dan
dimanapun. Proses pendaftarannya juga mudah, karena cukup mengisi form yang
disediakan oleh aplikasi.
5. Disrupsi Teknologi Digital di Bidang Retail
Sejak kemunculan toko online dan platform
e-commerce, industri ritel diketahui harus merumuskan ulang strategi mereka
agar tetap bisa bertahan dan mendapatkan pelanggan mereka kembali.
Seperti yang sudah diketahui bahwa belanja online saat
ini menawarkan pengalaman yang jauh lebih praktis dibandingkan dengan
mengunjungi toko secara langsung. Anda juga bisa mendapatkan review produk
dan toko secara real time, yang tidak bisa Anda dapatkan jika Anda
hanya mengunjungi toko fisik.
Selain itu, platform toko online dan e-commerce juga
membantu menjangkau pelanggan seluruh Indonesia dan meningkatkan permintaan
akan layanan jasa ekspedisi. Tentu saja ini juga bisa menggerakkan roda
perekonomian Indonesia.
Komentar
Posting Komentar